Kamis, Juli 04, 2013

Berlangganan

Macam-Macam Jenis Hacker



Hacker tentunya bukan istilah yang asing lagi di telinga kita. Terlalu sering didengar dan terlalu sering dibahas, lengkap dengan embel- embel cyber crime yang menjadi image kentalnya. Kali ini Tutorial Blog Pemula akan mengajak teman- teman pembaca untuk mengetahui Macam- macam Jenis Hacker.



1. White Hat Hacker ( Ethical Hacker )

Kita seringkali menganalogikan “White” dengan sesuatu yang bersih atau positif. Tepat sekali, White Hat Hacker adalah seorang hacker yang memfokuskan dirinya untuk membangung jaringan keamanan ( security sistem ), dimana Black Hat Hacker, yang merupakan kebalikannya akan mencoba untuk menghancurkannya.



White Hat Hacker merupakan orang yang menerobos sebuah sistem atau jaringan informasi komputer dan melawan serangan terhadap komputer secara etis ( salah satu alasan kenapa disebut dengan Ethical Hacker ). White Hat Hacker bisa juga digambarkan sebagai orang yang menerobos jaringan untuk menolong si pemilik jaringan untuk mengetahui kelemahan pada sistem keamanannya.



2. Black Hat Hacket ( Darkside Hacker )

Black Hat Hacker adalah kebalikan dari White Hat Hacker, yaitu hacker yang orientasinya hanya untuk mengambil keuntungan sendiri, bersifat perusak dan kriminal. Black Hat Hacker secara umum dikenal sebagai seseorang yang piawai dalam hal programmer dan jaringan, tapi menggunakannya untuk semakin memperburuk kekurangan atau kecacatan dalam sebuah sistem ( sering dikenal sebagai pembobol sistem ).



3. Red Hat Hacker

Secara sederhana, Red Hat Hacker memiliki sepesifikasi sebagai berikut :

· Hat ( Fire )

· Intuition

· Opinion

· Emotion ( Subjective )


4. Yellow Hat Hacker

Secara sederhana, Yellow Hat Hacker memiliki sepesifikasi sebagai berikut :

· Hat ( Sun )

· Praise

· Positive Aspect ( Objective )


5. Green Hat Hacker

Secara sederhana, Green Hat Hacker memiliki sepesifikasi sebagai berikut :

· Hat ( Plant )

· Alternatives

· New Approaches

· Everything goes ( Speculatif )



6. Blue Hat Hacker

Secara sederhana, Blue Hat Hacker memiliki sepesifikasi sebagai berikut :

· Hat (Sky)

· Big Picture

· Conductor hat

· Thinking about thinking

· Overall process (overview)

· Menunjuk kepada perusahaan konsultasi komputer security yang digunakan untuk menjalankan bug test sebelum sistem dijalankan.



7. Gray Hat Hacker

Gray Hat hacker adalah golongan hacker yang memiliki dua wajah sekaligus, yaitu kadang bertindak legal dan memiliki attitude baik ( White Hat Hacker ), tapi kadang justru kebalikannya ( Black Hat Hacker ). Hacker jenis ini biasanya melakukan hack untuk keuntungan pribadi, tapi tidak memiliki tujuan merusak. Mereka masuk ke sebuah sistem komputer hanya untuk meninggalkan jejak, tapi tidak untuk melakukan pengrusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar